Berkembangnya Fashion dan Busana Hijab di Rusia

Hijaber cantik dari Rusia
Hijaber cantik dari Rusia

Perkembangan fashion model hijab dan busana musli untu wanita kini tiap tahun semakin berkembang, muali dari Indonesia hingga ke mancanegara. Diberbagai negara, sudah terdapat banyak seorang wanita yang memeliki tingkat kreativitas dalam merancang sebuah busana yang bernampilan syar’i, tetapi juga fashionable.

Diberbagai negara diluar Indonesia memiliki jumlah penduduk Islam yang terlalu sedikit, sehingga terlihat perkembangan fashion hijab muslimah maupun hijab kini semakin mengalami sebuah peningkatan, salah satunya ialah pada negara Rusia.

Dirusia, Agama Islam merupakan salah satu agama kedua yang paling dianut setelah agama Kristen Ortodoks. Jumlahnya sekitar 21-28 juta penduduk atau 15-20 persen dari sekitar 142 juta penduduk. Sehingga kini agama Islam di Anggap sebagai salah satu agama tradisional yang merupakan salah satu warisan sejarah Rusia.

Dibandingkan dengan pada masa-masa komunis dahulu, kini umat muslim di Rusia memiliki sebuah kehidupan yang jauh lebih baik. Bahkan saat ini juga ada menteri yang beragama Islam.

Mengambil sebuah inspirasi dari gaya Turki yang sangata simpel menjadi salah satu andalan para hijabers Rusia di tahun 2015. Salah satu model hijab babushka ataupun yang disebut dengan istilah tampilan wanita Rusia juga menjadi favorit.

Diberinama babushka karena memiliki arti wanita tertua yang diambail dari ata Rusia. Pada tahun 1970-an, wanita Rusia yang sudah lanjut usia kini pada umumnya mengenakan sebuah scarf segiempat untuk menutupi kepalanya. Semenjak itu, jilbab sederhana seperti wanita Rusia disebut dengan baushka.

Untuk mengkreasikan babushka hanya dengan beberapa langkah saja namun tetap telihat simpel, minimalis dan nampak elegan. Sehingga sangat cocok untuk tampilan yang profosional. Sehingga gaya mengenakan hijab tersebut kini kian menjadi tren di kalangan para hijabers dua tahun belakangan ini terutama setelah beberapa desainer busana muslm menyelipkan sebuah gaya hijab babushka dalam koleksi terbarunya.

Salah satunya yaitu Hijabers Alexandra Golovkofa asal Moskow, Rusia yang kini ia berumur 19 tahun nampak senang dalam menampilkan penampilan yang stylish dan simple dengan memakai boots atau sepatu bertali. Warna busana yang dikenakannya pun juga cenderung tampil monokrom.